Expose Indonesia Foundation

Tentang

flexKami adalah lembaga nirlaba yang mengajak bekerja sama mempromosikan destinasi wisata Indonesia, kelakukan kegiatan preservasi budaya, dan memberdayakan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan wisata.


Cerita tentang pariwisata memiliki banyak sisi menarik yang bisa dibagikan. Tentang perjalanan menuju destinasi wisata, tentang pengalaman bersua dengan masyarakat berikut budaya dan kearifan lokal yang masih dijunjung tinggi, juga tentang pelibatan diri dalam memberdayakan masyarakat.

Cerita-cerita itu menjadi bagian tak terpisahkan dari episode perjalanan hidup Dyah Kusuma, pendiri Expose Indonesia Foundation. Baginya, pariwisata adalah semangat (passion). Semangat mempromosikan destinasi wisata, semangat meneliti dan mendokumentasi keanekaragaman budaya sebagai bagian dari kegiatan preservasi, dan semangat melibatkan diri atau berpartisipasi dalam memberdayakan masyarakat. Berpijak pada semangat dan pengalaman bekerja sama dengan beberapa daerah yang pada awalnya belum menjadi destinasi wisata menginspirasi kami membangun pariwisata dengan passion untuk menjadikan Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan budaya sebagai destinasi wisata dunia.

Pengelolaan tersebut membutuhkan semangat dari orang-orang yang mempunyai pemahaman dan pengalaman tentang pentingnya berpijak pada konsep pembangunan wisata berbasis budaya lokal, pengembangan sumber daya masyarakat lokal, dan membuka akses jaringan untuk masyarakat, disertai komitmen pemerintah daerah agar benar-benar menjadikan pariwisata sebagai program prioritas yang mampu mensejahterakan masyarakat.

Di Expose Indonesia Foundation, kami bekerja sama dengan tim yang memiliki pemahaman dan semangat yang sama untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi wisata dunia berbasis masyarakat, terdiri dari tim peneliti, tim kreatif, dan tim promosi yang berpengalaman berkolaborasi bersama masyarakat dan pemangku kepentingan dalam membangun pariwisata Indonesia berbasis pemberdayaan masyarakat. Melalui pendekatan ini, kami berharap masyarakat dapat memperoleh manfaat ekonomi dari kegiatan pariwisata. Itulah semangat kami—sesuai arti dari kata “expose”: membuka dan menerangi.

Visi
Indonesia sebagai destinasi wisata dunia dibangun dari masyarakat yang berdaya secara ekonomi, sosial, dan budaya.
Misi
Melakukan inventarisasi potensi alam dan budaya yang dapat dikembangkan sebagaidaya tarik pariwisata.
Melakukan pendampingan masyarakat dalam pengembangan pariwisata.
Memperkenalkan pariwisata lokal ke dunia internasional.

Tim Kami